86 Ribu Mobil Tinggalkan Jakarta, Jalur Puncak Ditutup

Tinggal dua hari lagi, dunia akan mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2017 dan menyambut 2018 penuh sukacita. Yang namanya malam pergantian tahun, tentu akan ada banyak sekali kemacetan di mana-mana. Hal demikian juga terjadi di ibukota Jakarta, di mana banyak warganya yang melakukan perjalanan ke luar kota untuk liburan. Bahkan PT Jasa Marga memprediksi arus lalu lintas yang meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol Cikarang Utama hari Jumat (29/12) meningkat hingga 10%.

 

Normalnya arus lalin dari Jakarta menuju Cikampek menyentuh 78 ribu kendaraan. Namun jelang pergantian tahun diprediksi menjadi 86 ribu kendaraan. Lewat press release yang dilansir CNN Indonesia, peningkatan volume lalu lintas ini sudah dimulai sejak dua hari usai Natal.

 

Karena pembatasan operasional mobil barang baru akan diterapkan pada Minggu (31/12) mulai pukul 00.00 hingga Senin (1/1) pukul 24.00 WIB, maka Jasa Marga menghimbau agar pengguna kendaraan dari ibukota yang ingin berlibur tinggalkan Jakarta untuk mengatur waktu perjalanannya.Salah satu jalur yang diprediksi bakal mendapatkan peningkatan volume kendaraan cukup drastis di pekan liburan Natal-Tahun Baru adalah kawasan Puncak, Bogor di Jawa Barat.

 

Jalur Puncak Ditutup 12 Jam Saat Tahun Baru

 

Hampir dalam setiap momen liburan, warga Jakarta mayoritas memilih kawasan Puncak sebagai tempat liburan. Hal ini menjadikan Puncak begitu padat dan bisa mengalami kemacetan selama berjam-jam. Namun untuk tahun 2017 ini, kawasan Puncak akan ditutup selama 12 jam lamanya pada malam Tahun Baru 2018. Menurut jadwal, penutupan jalur Puncak berlaku hari Minggu (31/12) pukul 18.00 WIB hingga Senin (1/1) pukul 06.00 WIB.

 

Mengenai penutupan kawasan Puncak selama 12 jam lamanya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjelaskan jika akan ada acara Car Free Night di kawasan Puncak saat pergantian tahun. Seperti namanya, event Car Free Night berarti acara bebas kendaraan bermotor sehingga memang tak ada kendaraan yang boleh melintas selama kurun waktu terjadwal. Demi mewujudkan Car Free Night di kawasan Puncak, Tito sampai minta jajarannya melakukan penekanan khusus.

 

Tempat Hiburan Jakarta Boleh Buka Sampai Jam Tiga

 

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya siap mengerahkan sekitar 10 ribu personel mereka di malam pergantian tahun. Beberapa titik pengamanan seperti kawasan Monumen Nasional (Monas), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol dan beberapa mall siap untuk jadi lokasi yang diawasi ketat.Bahkan demi mencegah kebrutalan geng motor, Inspektur Jenderal Idham Aziz selaku Kapolda Metro Jaya sampai memerintahkan anggotanya untuk siap sedia melakukan patroli geng motor di malam pergantian tahun. Polisi diberi kebebasan untuk bertindak tegas jika menemukan teror geng motor hingga begal yang meresahkan.

 

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan izin tambahan jam operasional Tempat Hiburan Malam (THM). Ujang Supandi selaku Kepala Seksi Hiburan dan Rekreasi Disparbud DKI menyebutkan jika jam operasional THM di Jakarta akan ditambah satu jam, khusus saat malam Tahun Baru. Di mana yang biasanya buka hingga jam 02.00, sekarang diperpanjang sampai pukul 03.00.

 

Bicara soal waktu penyelenggaraan usaha wisata hiburan malam, memang semuanya diatur Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 tentang Kepariwisataan. Dalam Pasal 58, penyelenggaraan wisata hiburan malam dimulai pada pukul 20.00 – 02.00. Kecuali hari Jumat dan Sabtu dimulai pukul 20.00 – 03.00. Sementara itu malam Tahun Baru akan jatuh pada hari Minggu.

Next PagePrevious Page
Tags

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *